Berjuang Setelah SMA IV
POLITEKNIK NEGERI
Assalamu’alaikum ^.^
Balik lagiiii dengan cerita baruu ^.^ kali
ini pengalamanku dengan politeknik negeri. Pasti pada tau kan tentang
politeknik? Yaa di politeknik ini lulusannya akan bergelar diploma atau sarjana
muda, kalau di nama kita nanti dibuat “A.md” ^.^ untuk politeknik ini jenjang
studinya ada yang D-III dan D-IV, dan mereka yang belajar di politeknik ini
benar-benar diarahkan untuk memasuki dunia kerja, karena di politeknik banyakan
praktek daripada teori ^.^ apalagi kita kuliah Cuma 3 tahun untuk D-III, cocok
buat kamu yang gak pengen lama-lama kuliah dan setelah lulus pengen langsung
kerja asal IP baguuus ^.^
Setelah lulus D-III bisa lanjut kok ke S1, namanya
“ekstensi”. Di beberapa universitas menyediakan ekstensi untuk anak-anak
lulusan D-III yang pengen lanjutin kuliahnya. Sebenarnya tergantung kalian juga
sih mau milih D-III atau S1, tapiii diploma itu gak seburuk yang dibayangkan
oleh kebanyakan orang yaa. Untuk orang awam pasti banyak yang bilang “mau jadi
apa kamu kalau ambil D-III doang? Wong S1 aja banyak yang nganggur apalagi
D-III?” ada yang pernah dengan kata-kata ini? Saya pernaaaaah >.< kalau
menurut aku, itu salah banget ! kenapa? Karena semua itu tergantung manusianya,
kalaupun ada orang yang S1 tapi dia gak serius sama studinya dan ngasal lulus
doang, itu juga bakal jadi pengangguran juga nantinya (gak semua yaa). Dan setau aku, banyak
perusahaan saat ini yang memerlukan lulusan D-III untuk bekerja di
perusahaannya, karena D-III itu lebih mengedepankan skill daripada teori. Emang
benar sih kalau lulusan D-III itu ada yang rendah posisi atau jabatannya, tapi
kan nanti kita bisa melanjutkan pendidikan dan mendapatkan promosi untuk naik
jabatan.
Jadiii, untuk kalian yang masih berpikiran kalau D-III itu Cuma
kumpulan anak “buangan” yang gak keterima di Universitas, itu salah yaaa.
Banyak kok mereka-mereka yang lebih memilih politeknik daripada universitas,
dan itu juga tergantung sama pilihan kalian lagi nantinya.
Jujur, aku dulu
sebelum ambil SNMPTN & SBMPTN tertarik banget buat masuk ke “Politeknik
Caltex Riau”, ada yang tau? Nah aku udah daftar juga buat masuk politeknik itu
dulu. Tapi, aku ragu. Yang buat aku ragu itu uang kuliahnya yang menurut aku
yaa mahaaaal bingits (nonbidikmisi) >.< jadi gak tega sama ortu harus banting tulang
buat biayain kuliah yang mahal itu. Terus saat pengumuman hasil seleksi jalur
rapor itu aku lulus ! jadi bingung antara masuk ke sana atau gak. Kemudian aku
shalat istikharah minta petunjuk sama Allah, dan Alhamdulillah aku dapat
jawabannya dari orang-orang sekitarku. Mereka pada bilang gak usah masuk ke
sana, soalnya lagi ada PHK besar-besaran di caltex. Selanjutnya yaa bisa
ditebak, aku mutusin buat gak ngambil itu.
Dulu juga aku Cuma tau politeknik
yang swasta dan gak tau kalau politeknik ada yang negeri hehehe, akhirnya guru
BK aku bilang buat ambil politeknik negeri aja. Banyak looh politeknik negeri
yang bagus-bagus banget, cek aja di google ^.^
Aku searching tentang politeknik negeri,
ternyata di Padang ada politeknik juga ^.^ namanya “Politeknik Negeri Padang
(PNP)” langsung aja aku daftar politeknik negeri dimulai dari jalur PMDK-PN.
Waktu itu gak salah pertengah April aku daftarnya, jurusan yang kupilih saat
itu, D-III Akuntansi PNP, D-III B.Inggris PNP, dan D-III Akuntansi PNJakarta. Setelah
di beri username sama password dari sekolah, aku langsung daftar dan ngisi
data. Tenggang waktu yang diberi setelah kita menerima username sama password
itu Cuma seminggu. Nah beberapa hari setelah selesai daftar, kita harus ngirim
kartu peserta, foto, dll ke politeknik pilihan pertama kita lewat pos. Karena pilihan
pertamaku di PNP, jadi aku ngirim ke PNP. Waktu itu aku antar langsung ke PNP
nya, ada aja perasaan cemas kalau lewat pos, takut kalau penerimaannya udah
tutuplah, takut kalau gak terkirimlah,
takut kalau tercecerlah, dll. Jadi aku putusin aja buat antar langsung ke PNP nya.
Setelah ituu, di mulai lah untuk masa menungguku sampai tanggal 30 Mei ^.^ Pas tanggal 30 Mei, aku
gak berani buka PMDK-PN ini. Soalnya takut drop pas SBMPTN nanti. Karena di
tanggal 23 Mei kemaren saat pengumuman SPAN-PTKIN itu aku gak lulus >.<
jadi aku putusin buat liat hasilnya setelah SBMPTN aja. Naah setelah SBMPTN,
aku langsung searching hasil PMDK-PN. Setelah dibuka lamannya aku langsung
masukin nama lengkap, dan hasilnya keluar ! ternyata akuuuu LULUS CADANGAN
>.< !! cadangan nomor 11 lagi dari 12 orang ! huaaaa kok ngegantung
banget sssiiihh. Tapi Alhamdulillah masih dikasih lulus cadangan daripada gak
sama sekali hehehe. Saat itu aku mikir,
kalau lulus cadangan kan belum tentu masuk, nah kepikiran buat ikutan UMPN
(Ujian Masuk Politeknik Negeri). Kata mamaku ikut aja, jaga-jaga kalau yang
lulus cadangan aku nanti itu gak masuk.
Nah tanggal 2 Juni aku daftar buat
UMPN. Untuk UMPN ini aku Cuma ambil D-III Akuntansi PNP dan D-III Administrasi Niaga PNP.
Ternyata banyak teman-temanku yang gak lulus PMDK-PN, jadi mereka ikut UMPN.
Jadwal ujian UMPN saat itu tanggal 11 Juni dan aku benar-benar minim persiapan
untuk menghadapi UMPN. Soalnya untuk soal-soal UMPN itu jarang ada di google,
kalaupun ada, itu harus dibeli >.< akhirnya ada temanku yang baik banget
mau bagiin naskah soal tahun 2015 punya kakaknya ke akuu, Alhamdulillah ^.^ aku
belajar dari soal-soal itu saja. Ternyata soal-soal UMPN itu lumayan mudah dan
gak sesulit SBMPTN, waktu untuk menjawab soalnya pun panjang bangeeet, sampai
2,5 jam kalau gak salah, dengan 100 butir soal. Asikkan? Soalnya itu pun kayak soal-soal kita belajar
di SMA, kalau aku (tata niaga) ada 5 mapel : matematika, B.Indonesia,
B.Inggris, Akuntansi, & Ekonomi Terapan. Paling asik ngerjain
Akuntansinyaaa lumayan mudah Alhamdulillah ^.^
Saat tanggal 11 itu, ada temanku yang
rekayasa industri (anak IPA) dia masuk pagi. Jadi aku harus pergi pagi juga
dengan dia biar gak bolak-balik nganternya. Lumayan lama juga sih ya aku
nunggu, lebih kurang dari jam 7 sampai jam setengah 1. Karena tata niaga
ujiannya jam setengah 1. Tapi aku gak bosaaan soalnya ada teman ngobrol, gak kayak di STAN hehehe.
Saat ujian, tiba-tiba lampu matii >.< karena saat itu hujan cukup lebat.
Alhamdulillah aku duduk di dekat jendela sehingga ada cukup cahaya ^.^ kasian
juga yang ujian di ujung dekat pintu, karena di sana itu cukup gelap ._.
Setelah
2,5 jam, akhirnya ujian pun selesaiiii ^.^ aku baru ingat ternyata aku satu
ruangan dengan teman satu sekolah hahaha. Setelah pamit-pamitan, aku langsung
pulang ke Bukittinggi hari itu juga. Hasi UMPN ini keluar tanggal 21 Juni,
cepat ya? Lebih cepat dibandingkan SBMPTN karena pesertanya tidak sebanyak
SBMPTN. Di PNP saja pesertanya kalau gak salah 3000-an orang, gak tau deh kalau
politeknik lainnya ada berapa orang. Naaah saat tanggal 21 Juni, aku langsung
buka website resmi PNP, laman UMPN. Lalu, aku klik hasil seleksi dan masukkan
nomor peserta. Setelah menunggu
sebentar, hasilnya pun keluaar. Daaan Alhamdulillah aku LULUS MURNI >.<
!! seneng banget sih iyaaa. Terus aku tanya-tanya ke teman yang lain gimana
hasil mereka, ternyata masih banyak juga teman-temanku yang gak lulus seleksi
UMPN ini. Jadi mereka nunggu SBMPTN saja katanya. Aku kira banyak juga yang
akan masuk untuk jalur ujian ini, ternyata gak terlalu banyak. Kata temanku
untuk jurusan dia saja yang lulus murni Cuma 9 orang, dan yang lulus cadangan
yang cukup banyak.
Naaah aku kan lulus cadangan di PMDK-PN dan lulus murni di
UMPN. Kalian penasaran gak sih yang mana aku ambil? Pengen tauuu? Kayak ada
yang pengen tau aja, padahal gak hahaha, kalau kalian ada yang penasaran nih
yaa yang mana pilihanku dan cara mendaftar ulang di politeknik, yuuk baca
postinganku yang selanjutnyaaa yaaa ^.^
Sampai di sini perjuanganku untuk masuk kuliah, dan Alhamdulillah dapat di Politeknik ^.^ sebenarnya perjuangan aku ini masih sedikit dibandingkan teman-temanku yang lain, mereka lebih banyak berjuang untuk masuk kuliah karena belum diterima di salah satu universitas. Aku membagi pengalamanku ini hanya cuma untuk ngasih tau kalau masuk PTN itu gak gampang, banyak yang harus dilalui. Dan aku buat postingan ini juga biar kalian tau gambaran untuk seleksi masuk kuliah nanti bagi yang ingin kuliah ^.^
Makasih untuk yang mau nyempetin waktunya baca postingan aku ini ^.^ semoga bermanfaat~ terimakasih ^.^

Komentar
Posting Komentar
Bagikan tanggapanmu yuk~