Berjuang Setelah SMA III
SBMPTN
Assalamu’alaikum ^.^
Haaii ketemu lagii, mudah-mudahan gak bosen
ya baca pengalamanku ini ^.^ yeeyy SBMPTN ! duluuu aku itu gak kepengen banget
ikutan SBMPTN. Kenapa? Ribeeet >.< soalnya susah, waktu sedikit
pesertanya banyaak yaa gak jauh bedalah sama STAN ._. setelah aku dinyatakan
TIDAK LULUS di SNMPTN, besoknya tanggal 11 Mei aku langsung daftar SBMPTN ini.
Untuk peserta nonbidikmisi harus daftar KAP&PIN dulu, nah saat mengisi data
di KAP&PIN itu, aku salah buat tahun lahir yang seharusnya “1998” jadi
“1988” nah loh? Jauh bangeeet kan hahaha. Mana udah ke enter pula lagi datanya,
sempat panik sih dan dapat ceramah juga dari mama hihihihi. Akhirnya aku ulang
lagi untuk pengisian KAP&PIN nyaa, dan ternyata tidak ada hubungannya
dengan registrasi SBMPTN. Karena KAP&PIN itu terpisah dari registrasi
SBMPTN, jadi amaaan ^.^ .
Setelah dapat nomor KAP&PIN, aku harus bayar dulu
ke bank untuk aktifin nomornya, pertama langsung main daftar aja sih, eh
ternyata gak bisaa harus bayar dulu hahaha. Oh yaa, jangan lupa cetak kartu
KAP&PIN nyaa atau difoto, soalnya ada temanku yang udah daftar KAP&PIN dia
dan udah bayar ke bank eh ternyata malah di close dia bukti KAP&PIN nya itu
sebelum di screenshoot (dia daftar pake HP) nah dia langsung lapor ke aku
*cieelaah:v dia nanya gimana caranya ini, yang ada KAP nya doang ada di bukti
transfer, PIN gak ada, sedangkan di registrasi SBMPTN, nomor KAP&PIN harus
diisi. Akhirnya aku browsing di internet, masalah itu bisa diatasi kalau kita
hubungi call centre SBMPTN, udah aku kasih solusi itu ke dia. Tapi katanya
biarin aja dia daftar KAP&PIN baru lagiii >.< aduuh padahal kan sayang
itu uangnyaa, daftar SBMPTN ini juga gak murah yaa.
Nah setelah dapat
KAP&PIN aku langsung daftar SBMPTN, sumpah ini daftar SBMPTN harus siapin
mentalll *lebay kenapa? Karena aku agak gak suka sama peringatan-peringatan
yang ada di bawah lamannya. Kalau gak salah “jika data yang anda isi tidak
benar, anda TIDAK DAPAT mengikuti ujian SBMPTN” nah tulisan ini ada di setiap
laman saat kita mengisi data, jadi dag-dig-dug sendiri akuuu >.< setelah
melewati proses pengisian yang panjaaaang banget *seriusanemangpanjang,
akhirnya aku bisa mencetak kartu ujian SBMPTN ^.^ dan aku senang banget dapat
lokasi ujian di UNAND hihihi.
Jurusan yang aku pilih untuk SBMPTN sama persis
dengan pilihanku di SNMPTN. Agak cemas sih waktu ada guru yang bilang ke aku
“kamu kenapa ambil itu lagi? Di SNMPTN aja gak lulus itu, apalagi di SBMPTN”
hueee ibuknya kok matahin semangat siihh u.u aku mah milih itu lagi karena Cuma
jurusan itu yang aku inginkan bukan yang laiiiin hihihihi. Tanggal 28 Mei aku
udah ke Padang lagi buat persiapan SBMPTN, kebetulan saat itu papaku piket di
Korem Padang sehingga bisa nemenin ke Padang.
Nah sehari sebelum ujian, aku
harus cek lokasi dulu. Kesanaa kemarii mencari alamat ting tiiing ! huee UNAND
bener-bener luasnya kebangetan >.< udah hampir satu jam-an nyari
lokasinya belum ketemu jugaa, soalnya tiap gedung di UNAND ini gak ada hurufnya
misal gedung A, B, C gituu. Akhirnya nanya-nanya ke mahasiswa di sana, yang
pertama sih gak tau dimana gedung B berada. Akhirnya nanya lagi, nah kakak yang
kedua ini tau dimana gedung B. Alhamdulillah akhirnya aku ketemu juga dengan
gedung B tercintaahh hahaha. Nah masalahnya yang aku ingat aku itu di Gedung B
ruang 13, setelah dilihat tiap ruangan, Cuma sampai ruangan 12 ! nah loh? Ruang
13 kemana coba? Trus mama bilang “coba liat lagi kartu pesertanya, salah lihat
mungkin” aku mah tetap ngotot kalau aku itu di ruang 13 >.< daaan kulihat
juga kartu persertanyaa, ternyata benar ! aku salah ._. kena ceramah lagi daah.
Nah setelah tahu dimana gedung dan ruangannya, cuus comeback homeee.
Tanggal 31 hari Selasa, aku pergi ke UNAND
jam 8 lewat lah mungkin karena Soshum masuk jam 9.45 gak salah. Kalau jam 9
perginya pasti macet paraahh. Aku harus nunggu lagi sekitar sejam-an buat
ujiaaan, pengen liat buku tapi malass. Yaudah bengong doang sambil liatin
pengawas hihihi. Saat bel berbunyi, aku masuk ruang ujian dan memulai ujiaaan.
Untuk Soshum istirahatnya cukup panjang, tapi pulangnya hampir soreaan, ngantuk
!
Sebelum ujian ini, aku udah benar-benar
ngejar materi dan bahas-bahas soal SBMPTN tahun lalu, padahal masih ada waktu
sekitar 2 mingguan waktu itu sebelum SBMPTN gara-gara aku terlalu berharap sama
SNMPTN jadi gak belajar SBMPTN u.u *janganditiru. Nah, saat masuk kita disuruh
ngisi biodata dulu, harus teliti yaa jangan sampai salah nomor pesertanyaaa.
Pas udah ada bel atau ada tanda, baru kita boleh buka soal SBMPTN. Soal SBMPTN
itu ada paketnya yaa, waktu itu aku dapat paket 308 untuk TPA. Awal ngeliat
soalnya Cuma bisa bengong doang? Kenapa? Soalnya susaaaaaahh kebangetan
>.< di tahun 2016 ini ada soal yang menurut aku baru aku temuin yaa,
tentang sebab-akibat sama nyambung gak sebab-akibatnya sama soal itu. Biasanya
kan sebab-akibat itu adanya di TKD, nah ini ada di TPA u.u beneran pusing
banget baca soalnya, muter-muter >.< gak bisa dengan sekali baca doang,
harus berulang-ulang, malah waktu terbatas lagi -.- kalau yang mau liat
perbedaan soal SBMPTN dari tahun ke tahun tinggal search aja di google yaa.
Kalau aku biasanya liat di blog “Pak Anang”, blog itu berisi bank-bank soal,
jadi bisa langsung cek aja ^.^
Setelah mengerjakan TPA, aku Cuma bisa pasrah
u.u padahal kebanyakan orang kan ngarep di TPA buat naikin nilainya, nah TPA di
2016 ini malah susah-susah semua >.< . nah kalau TKD, menurut aku lumayan
mudaaah apalagi soal sosiologi hehehe. Aku sih gak terlalu pusing di TKD ini
karena rata-rata soalnya udah dipelajari semua. Setelah ujian, waktunya aku
harus nunggu cukup lamaaa >.< selama menunggu SBM ini,
aku persiapan buat politeknik karena aku lulus cadangan hihihi.
Naaah kemareen
tepat tanggal 28 Juni 2016 akhirnya hasil SBMPTN keluaar !! harus nunggu lagi
sampai jam 2 siang u.u setelah menunggu lagi, akhirnya tiba saatnya jam 2, aku
langsung ambil HP dan liat di website SBMPTN langsung. Sempat agak lola yaa
karena banyak banget mungkin ya lagi akses situsnya, nah setelah dapat, aku
langsung isi nomor peserta, tanggal lahir dan ada tulisan captcha ya kalau gak salah.
Daaaan jreeeng jreeeng hasilnya pun keluar ! ternyata... Aku LULUS >.< !!
lulus di Pendidikan Bahasa Inggris UNP !! Alhamdulillah dikasih rezeki sama
Allah ^.^ walau aku lulus, masih agak kepengen juga sih dapat Akuntansi UNAND
hehehe. Daan karena aku kepengennya jurusan itu Akuntansi, maka aku memutuskan
untuk gak ngambil hasil SBMPTN ini. Karena juga ortu bilang bagus di politeknik
aja, soalnya UNP ini dekat pantai, takutnya ada apa-apa (tergantung orangnya
yaa). Daaan di politeknik juga aku udah daftar ulang. So, aku mutusin buat gak
ambil SBMPTN ini.
Merasa bersalah sih iya, kenapa? Karena aku udah halangi
kesempatan orang lain yang kepengen banget buat dapat jurusan ini. Tapi ya mau
gimana lagi, gak mungkin kan kesempatan yang ada aku lewatin aja. Dan juga
setelah tau SNMPTN gak lulus aku langsung nyetel “pancingan” buat ngejerat “ikan-ikan”
hehehe, dari lima pancingan Cuma dapat 2 ikan, nah gitu sih kalau aku
istilahnya hihihi. Dari lima tes yang aku ikutin Cuma 2 aku yang lulus. Semua itu
balik lagi ke orangnya yaa, dan semua itu pilihan kita. Jangan sampai pilihan
yang kita buat itu atas hasil pengaruh-pengaruh dari ikut-ikutan kalau gak mau
nyesal nantinya yaa
Bersambung...
Ceritaku selanjutnya tentang Politeknik ^.^ dibaca yaa

Komentar
Posting Komentar
Bagikan tanggapanmu yuk~