Daftar Ulang Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Padang (PMDK PN)



                Assalamu’alaikum ^.^
                Seperti yang aku katakan pada postingan yang kemaren-kemaren, aku bakalan posting tentang pengalamanku saat daftar ulang mahasiswa baru di Politeknik Negeri Padang^.^ bagi yang baca silahkaan~ mudah-mudahan bisa menjadi gambaran bagi kalian yang mau daftar di Politeknik tempat masing-masing. Tapi gak semuanya sama yaa, tiap Politeknik pasti punya aturannya sendiri ^.^ okeee let’s check it out~
                Seperti postingan yang sebelumnya, aku pernah bilang kalau di Politeknik ini aku lulus cadangan. Nah untuk lulus murni dan cadangan itu di pisah. Lulus murni itu tanggal 14 Juni, sedang lulus cadangan tanggal 15 Juni. Kenapa dipisah? Karena pakai sistem yang atas gugur, di bawah naik. Ternyata saat lulus murni daftar ulang, banyak dari mereka yang gak daftar ulang. Perkiraanku sih mungkin karena mereka dapat di SNMPTN makanya gak diambil. Pas tanggal 15 Juni itu Alhamdulillah untuk jurusanku sepertinya kami yang cadangan lulus semua masuk Politeknik.
                Tanggal 15 Juni, aku dari Bukittinggi langsung ke Padang, berangkatnya Subuh. Setelah sampai di Politeknik, ternyata sudah banyak maba yang ngumpul di gedung D, ada juga beberapa penjual yang menjual materai, map, dll. Saat sampai di gedung D, aku langsung lihat kertas pengumuman tentang tata cara pendaftaran, ada 8 langkah .-. pas lagi baca-baca, ada yang minta kenalan ^.^ jadi kami berkenalan karena belum kenal. Nama teman aku ini Wila, dia dari Payakumbuh. Aku salut sama dia, karena dia pergi daftar ulang ini sendiri, trus nginap di kos seniornya. Bener-bener mandiri >.< aku mah masih ditemenin sama mama .-. jadilah kami berdua terus sampai masuk ke gedung D, duduk juga sebelahan. Tapi karena beda jurusan, akhirnya kami terpisah >.< udah sempat tukaran nomor sih tadi, aman ^.^ saat namaku dipanggil, aku maju ke depan,
                1. Verifikasi, di sini petugas verifikasi bakalan minta diperlihatkan SKHU/SKL(Surat Keterangan Lulus) asli, bukan fotocopy. Trus rapor asli juga diliatin di sini. Setelah itu, kita bakalan dapat lembar bukti pendaftaran ulang
                2. Pendaftaran, di sini SKHU/SKL asli sama potokopinya yang udah dilegalisir 1 lembar, rapor asli sama fc yang udah dilegalisir di kasih ke petugas pendaftaran. Berkas-berkas yang diperlukan ini harus diletakkan dalam map.
                3. Tes Kesehatan, nah disini kita harus isi data tentang kita, bayar juga untuk tes kesehatan ini, baru kita dikasih tabung kecil buat nampung urin, tes ini sebenarnya sih Cuma tes NAPZA sama buta warna untuk anak teknik. Pas di toilet untuk harus ngantri >.< aku tadi sih udah BAK sebelum daftar ulang ini, tapi kebelet lagii >.< pas lagi nungguin antrian, ternyata ada senior juga di sana. Pas banget ternyata kakak itu jurusan D3 Akuntansi juga ^.^ kakaknya juga baik bangeet asik kalau diajak ngobrol, langsung deh aku kenalan trus ngobrol tentang prospek ke depan untuk jurusan aku ini. obrolan kami berakhir karena tiba giliran aku masuk ke toilet. Sesudah dari toilet, aku balik lagi ke tempat tes NAPZA, ngasih tabung yang udah di isi urin ke dokternya, trus nunggu bentar. Kalau negatif kita dikasih kertas ada tanda garis dikasih dokternya. Kalau yang teknik lanjut ke tes buta warna. Karena aku Akuntansi, jadi sampai di tes NAPZA saja ^.^
                4. Registrasi BP, di sini kita nyerahin bukti daftar ulang, SKHU asli sama tes kesehatan tadi. Setelah itu kita diliatin data-data kita udah betul atau belum, kalau udah, kita dikasih map baru di dalamnya udah ada form untuk isi biodata trus, juga buat nomor BP yang ada di bukti daftar ulang.
                5. Bayar UKT dan Transportasi, nah di sini kita disuruh ke bank^.^ eiits bukan bank beneran yaa, soalnya kalau bank beneran kan jauh dari sini >.< jadi ditempatin sebuah ruangan oleh pegawai-pegawai bank yang bakalan melayani kita dalam pembayaran UKT dan transportasi ini^.^ setelah bayar, bakalan dikasih bukti pembayaran untuk ditunjukkin ke petugas selanjutnya
                6. Puslabkom, di sini kita serahin lembar bukti pendaftaran, trus kasih foto kita yang udah dikonversi ke dalam bentuk CD, di sini kita bakalan dapat akun SIAK, akun ini semacam tempat tempat biodata kita, trus jumlah SPP, trus tugas-tugas, dll. Ditunjukkin juga sama petugasnya cara memperbaharui biodata di akun SIAK ini^.^
                7. Bayar Diksarlin, di sini kita disuruh bayar untuk kegiatan diksarlin^.^(bakalan aku post yaa ceritanyaa) sama ukur jaket/almamater yaa kalau gak salah tulisannya. Yang jaga pos ini tuh tentara, jadi kita langsung bayar ke tentaranya udah diksar nanti.
                8. Bukti Daftar, terakhiiir >.< kita disuruh ngasih bukti-bukti yang kita dapat selama proses di atas tadi. Kayak bukti pembayaran SPP dan Transportasi, bukti pembayaran diksar, tes kesehatan.  Sempat bingung sih pertama, karena pas mau pulang, mama aku liat-liat punya pendaftar lain. Waktu itu aku belum ngasih bukti-bukti di atas ke petugas pendaftaran. Pas ngebandingin dengan pendaftar yang lain, ternyata bukti-bukti tersebut haru diserahin >.< akhirnya aku serahin bukti-bukkti yang masih aku pegang. Ini terjadi karena kata petugasnya ada perbedaan instruksi dari atas, ada yang bilang bukti-bukti diambil petugas, ada juga yang bilang gak diambil. Tapi karena di lembaran tata cara daftar bukti-bukti harus diambil petugas, jadi aku serahin bukti-bukti yang aku pegang ^.^
                Selesaaaai itulah pengalaman aku saat daftar ulang di politeknik. Sempat pusing juga sih disuruh balik sana balik sini >.< karena tempat daftarnya ini satu ruangan tapi beda posisi, jadi harus bolak-balik gituuu. Apalagi saat aku daftar ulang itu bulan Ramadhan >.< Subhanallah banget capeknya, ditambah juga kota Padang yang panas >.< tapi setelah selesai, aku bener-bener legaaaa^.^ rasanya beban itu terlepas semuaaa *lebay. Pas lagi duduk-duduk ngilangin capek, ada senior yang nyamperin tempat aku duduk, kakaknya juga baiiik banget ^.^ tapi kakak ini beda jurusan denganku. Aku nanya-nanya tempat kos di dekat Pasar Baru, kakak itu bilang bagus ngontrak aja, kalau udah punya teman nanti pas kuliah udah mulai, janjian buat kos bareng-bareng biar sewanya gak mahal-mahal bingitss^.^ jadi awal ini kos sendiri-sendiri duluuu. Okee InsyaAllah aku cobain.
                Terimakasih buat yang udah baca postinganku ini^.^ semoga bisa nambah pengetahuan juga bagi yang mau masuk PoliteknikJ kalau ada yang salah, mohon dimaafkan, kalau bisa dikoreksi^.^

                Assalamu’alaikum~

Komentar